Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu buka
Beranda » Durian » DURIAN PELANGI PAPUA

DURIAN PELANGI PAPUA

Ditambahkan pada: 18 March 2018 / Kategori:
Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 1310 kali
Review : Belum ada review
Rp 200.000
Cara Order How to Order!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang DURIAN PELANGI PAPUA kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi DURIAN PELANGI PAPUA

kebunbibitbuah.com

kebunbibitbuah.com

Sesuai dengan namanya, Durian Pelangi Papua berasal dari pulau paling timur di Indonesia, yaitu Papua. Durian asli manokwari Papua ini tergolong sangat unik karena memiliki daging buah yang berwarna sangat cantik layaknya pelangi. Yaitu warna kuning muda, cokelat muda, dan merah. Warna-warna tersebut menimbulkan efek gradasi dan menciptakan perpaduan warna layaknya pelangi.

Durian pelangi papua dikenal juga dengan nama latin Durio zibethinus L. Dimana merupakan hasil dari hasil perkawinan silang antara durian kuning (fotogensis), durian merah (graveolens) dan duriang putih (Zibethius). Karena disilangkan dengan durian dengan berbagai warna maka hasilnya adalah buah durian yang memiliki buah berwarna seperti pelangi yang cantik dan menarik. Umumnya hanya terdapat tiga warna yaitu kuning muda, cokelat muda, dan merah. Tapi juga terkadang kita menemukan daging buah yang terdiri dari empat warna yaitu kuning, orange, putih dan warna kecoklatan seperti susu.

Durian Pelangi Papua merupakan salah satu golongan durian unggulan. Mengapa demikian? Karena pohonnya dapat tumbuh mencapai ketinggian dua puluh meter dan dapat tumbuh ideal di dataran rendah maupun dataran tinggi, khsusunya di daerah yang terbebas dari rumput penganggu. Usia pohon Durian Pelangi ini pun relatif panjang yaitu dapat mencapai seratus hingga seratus lima puluh tahun. Luar biasa bukan? Untuk Soal rasa? Jangan ditanya lagi. Buah durian pelangi mempunyai rasa yang nikmat dan yang pastinya selalu membuat ketagihan para penikmatnya.

kebunbibitbuah.com

kebunbibitbuah.com

Selain memiliki warna yang cantik dan rasa yang yang nikmat, ternyata buah durian pelangi papua ini juga memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Dalam daging buahnya mengandung kandungan beta carotin, antosianin atau antioksidan serta vitamin tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah durian pelangi mengandung senyawa potasium, tembaga dan kalsium. Senyawa kalsium akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian. Sedangkan senyawa potasium dan tembaga akan menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Di dalam daging buahnya juga terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga buah durian pelangi dipercaya dapat membantu Anda untuk menangkal depresi, mampu mengatasi anemia, menjaga kesehatan kulit karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan. Bahkan konon kabarnya, sebagian orang meyakini bahwa dengan mengkonsumsi Buah durian pelangi dapat memperpanjang umur. Keren sekali yah? Tertarik untuk mencoba buah durian pelangi ini?
Untuk anda yang tertarik untuk budidaya durian pelangi papua, harus memperhatikan beberapa hal khususnya pada perawatan bibit. Perawatan bibit tanaman durian pelangi papua ini tergolong gampang-gampang susah. Anda harus melakukan penyiraman secara teratur 1-2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini disesuaikan pula dengan keadaan kelembaban tanahnya. Hal lain yang perlu diperhatikan pada penanaman bibit adalah pembersihan gulma yang ada disekitaran agar tidak menghambat proses penyerapan nutrisi yang optimal.
Yang tidak kalah pentingnya dalam perawatan tumbuhan durian pelangi papua adalah masalah pemupukan. Pemupukan yang teratur akan menjaga asupan nutrisi untuk pohon anda terpenuhi, baik nutrisi makro maupun nutrisi mikronya. Pemupukan dilakukan secara berkala yaitu sebulan sekali menggunakan pupuk organik dan dapat juga dikombinasikan dengan pupuk kimia. Contohnya seperti pupuk ZPT untuk merangsang muncunya bunga atau buah. Pemberian pupuk ini mulai bisa dilakukan ketika umur pohon durian anda berkisar 3 tahun sejak penanaman. Hormon perangsang juga dapat diberikan sebulan sekali untuk mempercepat tanaman berbuah.
Jika perawatannya baik, maka durian anda akan mulai bisa berbuah di umur 3-5 tahun sejak penanaman atau juga dari hasil cangkok dan ovulasi. Durian pelangi papua bersifat sangat adaptif terhadap berbagai jenis kondisi tanah. Jenis tanah yang paling disukai oleh durian pelangi ini adalah tanah yang gembur dan subur serta bebas dari rumput penganggu. Tana yang kaya akan unsur hara juga sangat disukai oleh tanaman ini.

Sama halnya dengan tanaman lain, pohon durian pelangi juga membutuhkan penyinaran sinar matahari yang cukup untuk membantu proses fotosintesis dalam pertumbuhannya. Pohon durian pelangi terbilang cukup tinggi yaitu bisa tumbuh hingga mencapai 25 meter dan usia pohonnya bahkan bisa mencapai 100 hingga 150 tahun. Keunggulan lainnya adalah buah durian pelangi mempunyai daya simpan yang cukup lama, durian ini mampu bertahan dalam waktu 6 – 7 hari setelah jatuh dari pohonnnya.
Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membudidayakan durian pelangi papuaemoga penjelasan diatas dapat membantu anda yah? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Belum ada review untuk DURIAN PELANGI PAPUA

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan