Beranda » Artikel Blog » Cara Merawat Tanaman Dalam Media Tabulampot

Cara Merawat Tanaman Dalam Media Tabulampot

Diposting pada 5 August 2021 oleh admin | Dilihat: 116 kali | Kategori:

Sejak dikenalkan cara tanam dengan media tabulampot, banyak masyarakat yang menggunakan metode ini untuk kegiatan tanam mereka. Metode ini sangat cocok bagi anda yang memiliki pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Karena tidak memakan banyak ruang, banyak yang menilai bahwa metode tanam tabulampot ini sangat estetik untuk mempercantik rumah anda.

Namun, perlu anda perhatikan juga agar tanaman tabulampot tetap tumbuh dan berkembang sampi bisa dipanen dengan maksimal. Kebun Bibit Buah akan berbagi tips berikut ini. Simak, yuk Fruitizen

1. Kontrol jumlah air
Menanam tanaman dalam pot tak berarti harus berlebihan dalam menyiramnya. Sebaiknya cukup disiram dua kali seminggu saat baru ditanam. Karena menyiram berlebihan akan menghambat rangsangan untuk menghasilkan bunga, justru hanya daunnya yang semakin lebat. Hindari menyiram daunnya saat pagi hari karena akan membuat proses fotosintesis menjadi terganggu.

2. Kurangi daunnya dan Bersihkan area pot
Tanaman yang makin lebat daunnya, akan membuat tanaman tersebut menjadi terhambat tumbuh kembangnya. Buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.
Daun yang jatuh disekitar pot harus segera dibersihkan, agar tidak busuk karena bisa mengundang bakteri dan jamur yang berisiko menularkan tanaman.

3. Tambahkan pupuk
Tanaman juga perlu asupan nutrisi dan mineral, untuk itu wajib untuk ditambahkan pupuk agar tanaman menjadi subur dan merangsang pertumbuhan tunas baru.

4. Perhatikan intensitas sinar matahari
Ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari, seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng. Tanaman ini akan bertahan meski sinar matahari cukup terik. Namun, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu saat panas.
Jadi saat hari mulai memasuki waktu siang, pindahkan tanaman yang butuh sinar sedang ke tempat yang lebih sejuk.

Semoga tips ini bisa bermanfaat ya, fruitizen. Selamat berkebun. Salam tanam

Bagikan

Cara Merawat Tanaman Dalam Media Tabulampot | Kebun Bibit Buah

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja