Beranda » Pear » Tanaman Buah Pir

Tanaman Buah Pir

Kode: pir Stok: Tersedia
Berat 2000 gram
Kondisi Baru
Kategori Pear
Dilihat 7.586 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Tanaman Buah Pir
*Harga Hubungi CS
Tersedia / pir
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Tanaman Buah Pir

tanaman buah pir kebun bibit buah

Buah Pir atau Pear adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menyebabkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pear adalah nama dalam bahasa Inggris. Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, mencapai 10-17 meter tapi kurang lebih spesies merupakan pohon yang pendek dan memiliki daun rimbun.

Image result for Buah Pear site:blogspot.com

Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi Dapat juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm. Pada kurang lebih spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan. kurang lebih besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen). Pohon sangat tahan cuaca membeku di musim dingin hingga -25°C and -40°C kecuali spesies yang selalu berdaun hijau hanya tahan dingin sampai -15°C.

Bunga Mengembang di sekitar bulan April, berwarna putih dengan sedikit aksen warna kuning atau merah jambu. Bunga terdiri dari 5 daun mahkota. Diameter bunga antara 2 sampai 4 cm. Buah bertipe buah pome dengan diameter 1-4 cm pada spesies liar, sedangkan pohon hasil budidaya menyebabkan buah pir berukuran besar dengan ukuran sampai 18 × 8 cm. rupa buah beraneka ragam, kurang lebih besar spesies menyebabkan buah berbentuk bulat. kurang lebih spesies seperti Pir Eropa menyebabkan buah yang bentuknya membesar di bagian bawah dan langsing di bagian pangkal buah. Buah siap panen di awal musim gugur.

Ada sekitar 30 spesies pohon dari genus Pyrus:

Manfaat Buah Pir :

Pohon pir merupakan tumbuhan sumber makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera.

Beberapa spesies buah pir dan kultivarnya merupakan komoditas pertanian andalan, misalnya:

  • Pir Eropa (Pyrus communis) yang umum ditanam di Eropa and Amerika Utara
  • Pir Ya (Pyrus bretschneideri) yang dikenal sebagai Pir Shandong atau Pir Hebei
  • Pir Nashi (Pyrus pyrifolia) yang umum ditanam di Asia Timur dan dikenal dengan berbagai nama: Sand Pear, Pir Asia, Pir Apel, Pir Jepang, Pir Korea atau Pir Taiwan.

Indonesia merupakan salah satu negara pengimpor terbesar buah pir Xiang Li (Pyrus sinkiangensis) dari provinsi Xinjiang, Tiongkok. Beberapa spesies digunakan sebagai tanaman hias atau sebagai batang bawah (rootstock) bagi spesies Pir Eropa dan Pir Asia. Pir Siberia (Pyrus ussuriensis) yang buahnya tidak enak dimakan disilangkan dengan Pir Eropa untuk menyebabkan kultivar yang tahan hama.

Pir Callery (Pyrus calleryana) atau Pir Bradford banyak ditanam sebagai tanaman hias di Amerika Utara. Pyrus salicifolia yang memiliki daun pohon yang rimbun dan berwarna keperakan juga banyak ditanam sebagai tanaman hias. Buah pir Dapat dimakan segar, diproses sebagai buah dalam kaleng, sari buah dan kadang-kadang sebagai buah kering. Jus pir merupakan bahan tercela jelly atau selai walaupun sering dicampur dengan sari buah-buahan lain. Jus pir hasil fermentasi disebut perry.

Buah pir yang belum matang jika dimakan konon Dapat memudahkan buang air besar (mempunyai efek laksatif), sedangkan buah pir matang mempunyai efek diuretik dan ada kemungkinan membuat orang mengantuk. Buah pir mengandung sorbitol sehingga bila dimakan terlalu banyak Dapat menimbulkan rasa kembung pada perut dan menyebabkan buang angin. Kayu pohon pir sangat Yang patut diperhatikan untuk dibuat bahan ukiran, mebel dan alat musik tiup berkualitas nomor satu. Kepingan kecil dari kayu pohon pir baik digunakan untuk memasak dengan teknik pengasapan karena mengeluarkan aroma yang harum. Parutan buah pir juga Dapat digunakan sebagai pengempuk daging sebelum dimasak.

Cara Tanam Buah Pir :

Saat bibit pir sudah mulai tumbuh, langkah selanjutnya adalah memindahkannya pada pot atau polybag. Namun sebelumnya, siapkan media tanamnya terlebih dahulu yang nantinya akan dimasukkan ke dalam polybag. Gunakan saja campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Setelah bibit pir sudah mulai besar, inilah waktunya memindahkannya ke lahan yang lebih luas.

  1. Agar nutrisi tanaman tercukupi, gunakan media tanam yang baik yaitu tanah yang gembur, sehingga dibutuhkan penambah unsur hara yakni kompos dan arang sekam. Campurkan tanah dengan arang sekam dan kompos atau pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1. Anda bisa mendapatkan arang sekam dan kompos di toko pertanian terdekat di kota Anda.

  2. Jika menanam di lahan, bajaklah tanah terlebih dahulu agar lahan terbebas dari pengganggu, seperti bebatuan, tanaman gulma, dan sebagainya. Buatlah bedengan dengan jarak masing-masing tanaman 2 meter.

  3. Karena pohon Pear membutuhkan pengairan yang banyak, maka sistem pengairan harus sempurna. Siramlah tanaman buah pir 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

  4. Berikanlah pupuk lanjutan setelah usia tanam mencapai 1 bulan. Gunakan pupuk NPK daun ataupun pupuk kandang sebanyak 1 kepal tangan pada setiap tanaman. Pemupukan selanjutnya diberikan setiap 3 bulan sekali.

  5. Penyiangan harus terus dilakukan, yakni pembersihan gulma disekitar tanaman buah pir.

  6. Pangkaslah cabang yang tidak beraturan, pertahankan hanya 3 cabang saja agar batang utama mendapatkan nutrisi terbaik.

  7. Agar buah yang dihasilkan berkualitas, bungkuslah buah dengan plastik pada tangkainya, sehingga terhindar dari hama dan pemangsa seperti kelelawar.

  8. Semprotkan pestisida sebelum terserang hama tanaman, lakukan setiap 2 minggu sekali setelah usia tanam mencapai 1 tahun.

Tags: , ,

Ditambahkan pada: 29 July 2018
Anda Mungkin Suka
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja