Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu buka
Beranda » kebunbibit » Menanam Buah Blewah

Menanam Buah Blewah

Ditambahkan pada: 3 August 2018 / Kategori:
Kode : -
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 1404 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Menanam Buah Blewah kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Menanam Buah Blewah

Menanam Buah Blewah

Tanaman Blewah adalah tanaman buah merambat contohnya perdu yang dimanfaatkan daging buahnya sebagai campuran minuman segar seperti es kemudian sop buah. Blewah sendiri masih masuk dalam family buah melon, waluh, serta semangka. Pada umumnya blewah berbentuk bulat besar ataupun lonjong dengan warna kuning dan terdapat bercak kehijauan. Daging buahnya segar, tidak sedikit mengandung air, beraroma khas segar, dan memiliki biji yang banyak seperti melons. Buah ini sangat enteng dijumpai dijual di pasar-pasar tradisional, sebab dibandingkan melon atau semangka, blewah perawatannta cukup mudah. Banyak pula petani yang membudidayakannya untuk dijual secara komersil.

Image result for Buah Blewah site:blogspot.com

Blewah sangat baik dikonsumsi karena buah ini mengandung serat, provitamin A, dan mineral kalium. Buah ini biasanya ditanam di musim kemarau sebab blewah tidak tahan terhadap air yang berlebih. Jika blewah mendapat air berlebih maka rasa dan aroma buahnya kurang nikmat. Selain itu jika ditanam di musim penghujan maka prosentase buah yang tumbuh baik sangat sedikit. Agar lebih jelasnya berikut adalah panduannya :

Persiapan Lahan.

Siapkan lahan tanam dengan membajak atau mencangkul tanah yang lebih dulu diberi pupuk kandang/kompos sebagai pupuk dasar. Jika tanah keadaannya terlalu asam tambahkan dolomit/kapur pertanian. Tanaman buah bit sangat menyukai tanah yang gembur dan tidak tergenang air, serta pH tanah harus netral (6-7). Untuk menyiapkan lahan tanam dalam budidaya buah bit dapat dilakukan seperti cara menanam melon atau cara menanam semangka, tanah digemburkan dengan membajak dan diratakan menggunakan cangkul sambil membuah guludan atau bedengan.

Pada saat membentuk bedengan tanah, campurkan pupuk kandang secara merata sembari diaduk-aduk. Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 80cm, tebal 30cm-40cm, dan panjang disesuaikan dengan panjang kebun. Buatlah bedengan dengan ukuran yang sama pada jarak 30cm dari bedengan yang pertama, begitu setelrusnya sampai semua lahan yang akan ditanam selesai diolah. Diamkan lahan tersebut selama 3 hari, kemudian lapisi dengan menggunakan pelastik mulsa agar menekan pertumbuhan gulma atau rumput-rumput pengganggu.

Selanjutnya buatlah lubang tanam 30 cm dan beri pupuk urea dengan dosis 200 kg/hektar. Dosis bisa disesuaikan dengan kondisi lahan tanam, bila sudah cukup subur maka dosisnya dikurangi, dan jika telalu gersang bisa ditambahkan.

Penanaman.

Pertama-tama rendam benih dengan air selama sehari semalam. Setelah itu angkat dan tiriskan, lubangi terlebih dahulu pelastik mulsa menggunakan besi yang dipanaskan atau digunting. Jarak penanaman buah bit adalah 20cm antar lubang.

Timbun kembali dengan tanah tetapi jangan di padatkan agar benih dapat tumbuh menembus tanah. Atur jarak tanam blewah sekitar 70 cm agar antar blewah bisa tumbuh subur dan baik. Siram secara berkala untuk menjaga kelembaban tanah selama 2 minggu penanaman.

Perawatan Tanaman Blewah.

Perawatan yang dilakukan adalah pemupukan pada saat blewah berumur 7 hari, 20 hari, dan 35 hari. Biji buah blewah akan tumbuh setelah 6 hari penanaman, perawatan yang dilakukan adalah mengurangi tangkai daun yang lunglai dan menyisakan daun yang subur. Bersihkan juga dari kemungkinan masih ada rumput yang tumbuh disekitar pohon buah blewah. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik (kotoran ayam) maupun pupuk buatan (urea) yang telah dilarutkan dengan air. Pemberian pupuk bisa dengan disiramkan ke seluruh tanaman blewah secara merata atau dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Lakukan juga penyiangan secara berkala saat gulma dan rumput liar mulai tumbuh.

Selanjutnya lakukan peyiraman tanaman hanya saat cuaca panas atau kondisi tanah sudah mulai kering. Jauhkan dari hama penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhan blewah. Jika terserang hama dan penyakit gunakan pestisida dan obat sesuai aturan dan dosis yang tepat. Untuk masalah hama penyakit lakukan dengan penyemprotan pestisida alami.

Panen.
Buah blewah dapat dipanen setelah berumur 50 hari sejak ditanam, sebelum melakukan pemanenan sebaiknya lakukan sampel terlebih dahulu dengan membongkar tanah disekitar bonggol pohonnya. Jika dilakukan perawatan yang baik dan rutin, dalam sekali tanam bisa terjadi dua kali masa panen. Untuk mengkonsumsi buah blewah dapat dibuat sebagai jus buah blewah, campur dengan madu agar rasanya lebih nikmat. Itilah beberapa tips cara menanam buah blewah yang benar agar menghasilkan tanaman buah blewah yang berbuah.

Belum ada review untuk Menanam Buah Blewah

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Produk Terkait Menanam Buah Blewah

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Limited Edition
OFF 60%
jeruk pamelo merah
mamey sapote pace
*harga hubungi cs
Ready Stock
Kode: pace
Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan