Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu buka
Beranda » jeruk » Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Ditambahkan pada: 9 August 2018 / Kategori:
Kode : jeruk nipis
Berat : 2 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 1089 kali
Review : Belum ada review
Rp 75.000
Cara Order How to Order!
Pesan melalui SMS? Klik SMS

Bagikan informasi tentang Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

 

Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia, Swingle.) Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Penyakit Yang Dapat Diobati misalnya Amandel, Malaria, Ambeien, Sesak Nafas, Influenza, dll. Tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia) berbentuk perdu, dengan tinggu 1,5 – 3,5 meter dan dahan yang bulat bercabang banyak daserta n berduri. Helai daun berbentuk bulat telur, ujungnya agak tumpul dan kaki daun agak membulat.

Buah jeruk nipis banyak mengandung air dan sangat asam, tetapi aromanya sedap. Bunga tanaman jeruk nipis keluar dari ketiak daun atau pada ujung tangkai. Bentuk bunga agak kecil, tangkainya sangat pendek, dan warna bunga kuning putih. Bakal buah berbentuk bulat seperti bola. Ketika masih muda kulit buah berwarna hijau, setelah tua dan masak warna kulit berubah menjadi kuning. Buah jeruk nipis yang telah tua biasanya berdiameter 3,5 – 5 cm. Daging buahnya berwarna kuning kehijauan dan bijinya banyak.

Manfaat dan Jeruk Nipis

Image result for Buah Jeruk Nipis site:blogspot.com

1. Amandel
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu;
Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring; Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.

2. Malaria
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam secukupnya; Cara membuat :jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan dengan cara apa pun dan disaring; Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.

3. Ambeien
Bahan: 2 – 4 potong akar jeruk nipis; Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring; Cara menggunakan : diminum setiap sore weara teratur.

4. Sesak Nafas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu, Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan dengan cara apa pun dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata, kemudian disaring; Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.

5. Influenza
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk sampai merata, dan disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.

6. Batuk
a. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, garam secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis diperis untuk diambil airnya, Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit

b. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/4 sendok tepung biji buah pala, 1 sendok minyak kayu putih; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan dengan cara apa pun sampai merata; Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada dada dan punggung.

7. Sakit panas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan; Cara membuat:  jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan dengan cara apa pun sampai merata, Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.

8. Sembelit
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 – 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih, buah asam secukupnya, 2 sendok air masak; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan dengan cara apa pun dan dihaluskan bersama-sama; Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar perut.

9. Telambat datang bulan
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur merata dan disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

10. Perut mules pada waktu haid datang bulan
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa; Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4 gelas air masak dan disaring; Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.

11. Disentri
Bahan: 2 potong akar jeruk nipis; Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

Diatas adalah Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis, lanjut ke Penanaman Jeruk Nipis :

Tanah dan Iklim yang Cocok
Jeruk nipis dapat ditanam diberbagai jenis tanah seperti jenis tanah aluvial, podsolik, latosol, dan Iain-Iain. Disamping itu, tanaman ini dapat hidup di daerah yang berketinggian 10 – 1000 meter di atas permukaan laut. Derajat keasaman (pH) tanah yang cocok sekitar 5 – 6.

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman jeruk. Karena itu area tanaman jeruk harus terbuka, bebas dari naungan. Jeruk nipis akan tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim agak kering dengan curah hujan tipe D (2-5 bulan musim basah dan 6-9 bulan musim kering).

 

Bibit Tanaman
Tanaman jeruk nipis dapat dikembangbiakkan secara generatif, vegetatif atau gabungan keduanya. Pengembangbiakkan secara vegetatif, seperti dengan cangkokan lebih sering dilakukan orang. Caranya sama dengan pencangkokan jeruk manis lainnya.

Selain bibit hasil cangkokan, bibit jeruk nipis dapat pula dibuat dari bibit okulasi. Jeruk nipis dapat diokulasi dengan jeruk manis, jeruk sitrun, dan jeruk nipis sendiri. Penempelan pada jeruk nipis (sebagai batang bawah) setelah bibit berumur 16 bulan. Mata tunas okulasi (kulit tanaman jeruk) sebaiknya diambil dari dahan yang sudah berkayu, berumur I tahun dan tidak berduri. Caranya sama dengan pengokulasian jeruk manis seperti diuraikan pada bagian terdahulu. Kegiatan okulasi sebaiknya dilakukan pada musim kemarau.

 

Pengolahan Tanah dan Penanaman
Setelah dipilih lokasi yang baik, tanah tersebut diolah atau dibersihkan dari rumput atau tumbuhan pengganggu lainnya. Pengolahan tanah dilakukan sesuai dengan kondisi tanah dan bibit tanaman jeruk nipis seperti halnya pengolahan tanah untuk penanaman jeruk manis.

Lubang penanaman dipersiapkan terlebih dahulu (2 – 4 minggu sebelum penanaman). Ukuran lubang sekitar 80 x 80 x 80 cm. Pada lubang ini dimasukkan pupuk kandang atau pupuk buatan yang telah dicampur dengan tanah galian bagian atasnya. Beberapa hari setelah pemasukkan pupuk dasar tersebut ke dalam lubang penanaman, bibit jeruk nipis sudah dapat ditanam. Jarak tanam jeruk ini sekitar 5 x 5 m sampai 6 x 6 m. Cara penanaman sama seperti penanaman jeruk besar dan jeruk manis, Pak HaBe gak mau nulis lagi caranya, sobat bisa langsung ke TeKaPe aja ya? haha.

Pemupukan
Tanaman jeruk termasuk jeruk nipis memerlukan pemupukan secara teratur dan kontinyu, apalagi pada tanah yang kurang subur. Pupuk yang diberikan pada tanaman jeruk nipis dapat berupa pupuk anorganik (pupuk buatan) dan pupuk organik (misalnya pupuk kandang). Pupuk kandang utamanya harus diberikan pada waktu penanaman, sedangkan pada tahap selanjutnya sering kali hanya diberikan pupuk buatan (misalnya Urea,TSP, dan KCL atau jenis lainnya).

Pupuk dasar yang terdiri atas pupuk kandang dan pupuk fosfat dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lubang tanam bersama dengan tanah galian bagian atasnya. Digunakan untuk 1 lubang tanam bersama tanah galian pada bagian atas dicampur 6 sampai dengan 16 kg pupuk kandang dan kira-kira 1,5 kg TSP. Pemupukan lanjutan sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur 4 tahun.

Penjelasan di atas tetang manfaat dan cara memperbanyak serta cara menanam dan perawatan penanaman jeruk untuk skala perkebunan. Apabila anda ingin menjadi seorang pekebun jeruk handal pastikan pembelian bibit jeruk yang berkualitas hanya di sini hubungi 081226611112. 

Belum ada review untuk Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Produk Terkait Manfaat dan Khasiat Tanaman Buah Jeruk Nipis

Jeruk Siem Manis Berasal Dari Thailand
Rp 75.000
Ready Stock
Kode: jeruk siem
Rp 75.000
Ready Stock
Kode: jeruk lemon

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan