Beranda » Artikel Blog » Tips Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman

Tips Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman

Diposting pada 21 May 2021 oleh admin | Dilihat: 175 kali | Kategori:

Dalam proses panen tanaman buah, kualitas buah sangat mempengaruhi harga jual dan nilai buah tersebut. Namun terkadang buah yang diproduksi dan dipanen tidak semuanya dijual atau dikonsumsi ditempat, ada kalanya buah juga dikirim ketempat lain sesuai dengan permintaan.

Jika pengiriman dalam jumlah banyak kita bisa mengirimkannya langsung tanpa jasa pengiriman, namun jika buah yang dikirim sedikit dan tempat tujuan jauh dari perkebunan maka lebih efektif menggunakan jasa pengiriman.

Namun ternyata ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengirim buah agar kualitas buah tetap terjaga saat sampai tujuan.

1. Pilih buah yang berkualitas bagus dengan kematangan seragam
2. Perlakukan buah dengan cara hati-hati, jangan sampai kulit buah tersebut gores atau luka, karena akan membuat buah gampang usang lantaran jadi cara masuk cendawan menyusup ke dalam jaringan buah.
3. Hindari membungkus buah yang baru dipetik. Sebab, masih terdapat panas lapang atau panas lingkungan pada saat proses pemetikan. Letakkan buah di ruang teduh dan sejuk dengan persebaran udara yang baik selama dua jam untuk menghilangkan panas lapang. Jika terburu-buru membungkus ketika selesai pemetikan, buah bisa rusak
4. Pilih buah segar, pemetikan jangan berjarak terlalu lama dengan waktu pengiriman
5. Bungkus buah menggunakan stirofoam jaring untuk mengurangi benturan
6. Masukan ke dalam kotak kemasan yang kuat dan alas berbahan busa atau potongan kertas untuk menahan benturan dari luar
7. Tutup rapat dan rekatkan menggunakan selotip agar buah tidak berguncang atau bergeser
8. Pilih jasa pengiriman terpercaya agar pengiriman dapat dilakukan dengan cepat, tepat waktu dan aman.

Pemetikan buah harus pas dengan stadium kematangan waktu hingga pengiriman ketempat tujuan. Untuk itu, penting untuk memahami karakter masing-masing buah. Ada dua golongan buah menurut cara pematangannya.

Pertama, buah dengan tipe klimaterik. Adalah buah yg pematangannya terus berlanjut pasca pemetikan. Contoh buah klimaterik antara lain avokad, pisang, durian nangka, mangga, dan pepaya. Petik dan bungkus buah klimaterik diwaktu kematangan 90% — 95% supaya ketika sampai tujuan, kondisi buah siap untuk dikonsumsi.

Kedua, buah dengan tipe non klimaterik. Adalah buah yang tertahan saat dipetik. Contohnya antara lain jeruk, nanas, anggur, dan jambu air. Pemetikan dan pengirimannya harus serasi waktu buah siap konsumsi.

Dengan memperhatikan tips diatas, buah-buahan yang dikirim ke tempat tujuan akan tetap terjaga kualitasnya sampai ke tangan konsumen.

Bagikan

Tips Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman | Kebun Bibit Buah

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja