Beranda » Artikel Blog » Cara Merawat Tanaman Merambat

Cara Merawat Tanaman Merambat

Diposting pada 22 August 2021 oleh admin | Dilihat: 34 kali | Kategori:

Dalam dunia budidaya tanaman, ada beberapa jenis tanaman yang cara tumbuhnya dengan cara merambat, seperti tanaman sayur, buah, maupun tanaman hias.Sering kali kita melihat, tanaman merambat ini digunakan untuk fungsi estetik, seperti peneduh di halaman rumah, atau di dinding halaman. Agar dapat tumbuh dengan baik dan bentuknya tetap tertata rapi, tanaman ini perlu dirawat dengan benar dan telaten. Untuk itu, mari kita simak tips merawat tanaman merambat berikut ini.

1. Pangkas tanaman secara rutin

Problem yang sering dijumpai dari merawat tanaman buah yang merambat adalah pertumbuhan tanaman merambat yang menyebabkan tanaman menjadi sangat rimbun dan cenderung merambat tak teratur. Oleh karena itu, tanaman perlu dipangkas secara rutin untuk mempertahankan bentuknya serta memudahkan proses perawatan.

Pemangkasan yang rutin dapat membuat seluruh bagian tanaman bisa mendapatkan sinar matahari dan air hujan atau siraman air. Lakukan pemangkasan pada ranting dan dahan yang rusak. Hal tersebut berguna untuk menghindari tanaman dari sarang laba-laba dan debu yang biasa menempel di bagian dalam tanaman. Pemangkasan juga berfungsi untuk mencegah kondisi di sekitar tanaman menjadi lembap, karena tingkat kelembapan yang tinggi dapat memicu serangan jamur.

2. Buang batang dan daun yang busuk karena hama

Sangat penting untuk memangkas habis atau membuang batang dan daun yang busuk karena penyakit atau diserang oleh hama. Hal ini bisa menyebabkan batang yang masih sehat dan bagus tadi menjadi tertular. Akan lebih baik jika anda memangkas habis seluruh bagian pangkalnya dan hanya menyisakan batang utamanya saja.

3. Perhatikan kondisi ranting

Buanglah ranting tanaman yang sudah kering, karena dapat merobohkan tanaman. Jika tanaman merambat pada dinding, periksa bagian akar tanaman. Apabila ada bagian akar yang terlalu besar, potong akar tersebut. Akar yang terlalu besar dapat merusak benda yang menjadi tempat tanaman tersebut merambat.

4. Tanaman harus dijaga tetap berbunga

Tanaman merambat yang berbunga perlu dipangkas setelah tanaman tersebut berbunga. Pemangkasan tersebut berfungsi untuk merangsang munculnya cabang baru yang biasanya disertai dengan pucuk bunga

Nah itu tadi 4 tips merawat tanaman merambat, silahkan bisa dipraktikan ya fruitizen.

Bagikan

Cara Merawat Tanaman Merambat | Kebun Bibit Buah

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja