Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu buka
Beranda » pisang » Tanaman Buah Pisang

Tanaman Buah Pisang

Ditambahkan pada: 4 August 2018 / Kategori:
Kode : pisang
Berat : 0.5 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 1482 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Tanaman Buah Pisang kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Tanaman Buah Pisang

Tanaman Buah Pisang

Buah pisang dengan nama ilmiah Musa paradisiaca adalah buah yang berasal dari suku pisang-pisangan. Buah pisang cukup terkenal di kalangan masyarakat dunia, bahkan Indonesia sendiri terkenal sebagai pemasok dan pengekspor buah pisang cukup besar. Pisang merupakan tanaman buah utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dengan menempati peringkat teratas konsumsi buah secara nasional. Sifatnya yang adaptif terhadap lingkungan menyebabkan tanaman pisang mempunyai penyebaran yang luas, sedangkan cara budidaya yang mudah menyebabkan tanaman ini mudah dijumpai di setiap pekarangan rumah masyarakat pedesaan di Indoensia.

Image result for buah pisang site:blogspot.com

Tanaman pisang mulai tumbuh pd suhu kurang lebih 18° C serta meraih perkembangan maksimal pd suhu 27° C. Untuk meraih perkembangan yg maksimal, tanaman pisang menginginkan curah hujan dlm 1 tahun sebesar 2000 – 2500 Mm. jika curah hujan kurang dari 2000 Mm/th. baiknya diusahakan irigasi, tetapi bila pisang di tanam pd daerah yg terlampau banyak hujan dibuatkan selokan drainase di karenakan air yg menggenang dapat meringankan munculnya serangan penyakit. Tanaman pisang dapat tumbuh baik pada lingkungan berdataran rendah dan dataran tinggi (pegunungan) 2.200 mdpl yang mempunyai iklim tropis basah, lembab dan cukup kering adalah syarat tumbuh untuk mendukung pertumbuhan pisang. Curah hujan yang baik sebagai syarat tumbuh tanaman pisang yakni 1.520-3.800 mm/tahun dengan dua bulan kering. Tingkat keasaman tanah (pH) yang dianjurkan adalah pH berkisar 5,5-6,7.

Penanaman
Cara menanam dan budidaya tanaman pisang pada dasarnya sama untuk semua jenis dan varietas jenis pisang, baik itu pisang kepok, pisang mas, pisang raja, pisang muli, dan pisang lainnya. Cara budidaya tanaman pisang banyak dilakukan dengan cara mengambil tunas adventif. Penanaman umumnya dikerjakan awal musim hujan (November sampai Desember). Dua minggu sebelum saat tanaman di buat lubang dng ukuran 60 kali 60 Cm dng jarak tanam 2, 5 kali 4 M (populasi 1. 000 pohon/Ha). Tunas adventif adalah tunas yang diambil selain dari tunas yang tumbuh pada bagian daun atau pada bagian batang/ketiak batangnya. Cara pengambilan tunas adventif pada batang pisang yaitu dengan mengambilnya secara langsung menggunakan alat pengambilan atau golok dan cangkul khusus. Bibit adventif pada tanaman pisang terdiri dari dua yakni bibit muda dan dewasa.
Penyiangan
Gulma serta sisa batang pisang butuh dibersihkan di karenakan bisa jadi sarang hama penggerek batang. Areal yg terinfeksi penyakit panama/darah, penyiangan disarankan dng herbisida serta dilarang memakai peralatan cangkul/kored utk hindari penularan melewati alat.Pengairan
Tanaman pisang sensitif pada kekurangan air jika sepanjang 2 minggu tak hujan atau memperoleh pengairan dapat mengganggu perkembangan serta produksinya. Kurangnya air waktu keluarnya bunga, buah yg dihasilkan dapat memiliki ukuran kecil pendek serta daun klorosis. Dalam pengolahan lahan dan media tanam untuk membudidaya tanaman buah pisang, maka ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan menyangkut aspek pembukaan lahan, pembuatan sengkedan, dan pembuatan saluran pembuangan air.Penjarangan
Jantung pisang yang telah berjarak 25 cm dari sisir buah terakhir harus dipotong agar pertumbuhan buah tidak terhambat. Setelah sisir pisang mengembang sempurna, tandan pisang dibungkus dengan plastik bening yang telah diberi lubang. Untuk menjaga agar tanaman tidak rebah/roboh dan jatuh tertiup angin kencang, maka tanaman pisang harus disangga dengan menggunakan batang tanaman seperti bambu yang kokoh yaitu dengan cara dibenamkan sedalam 30 cm di dalam tanah.
Untuk rumpun yang baik butuh mencermati jarak dari generasi ke generasi supaya relatif konstan. Tujuan lakukan penjarangan yaitu supaya setiap saat panen bisa diatur hasilkan mutu buah yg baik. Di dalam satu periode, tiap-tiap rumpun yg ditinggalkan 1 induk, 1 anakan serta 1 anakan yg lebih muda. Pemangkasan daun serta penjarangan tak dikerjakan pada waktu tanaman sedang berbunga, pemangkasan daun serta penjarangan dikerjakan setiap 6 – 8 minggu sekali.
Panen
Buah pisang bisa di panen hijau dng lingkaran buah tunjukkan wujud bundar serta sudut-sudutnya tak menyiku. Usia buah siap panen yakni pada 100 – 120 hari sesudah nampak bunga (bergantung pd kultivar/klon yg ditanam). Untuk sistem pematangan serentak, butuh dirangsang dng bahan seperti asap dari daun kayu yg dibakar, daun fresh (daun akasia), karbit, ethrel atau ethepon, asetilen, propilen sepanjang lebih kurang 10 – 12 jam.
Cara panen pisang adalah dengan memotong bagian tangkai tandan buah pisangnya, kemudian buah pisang dapat dimasukan ke dalam karung atau keranjang yang terbuat dari anyaman bilah bambu. Tandan pisang disimpan dalam posisi terbalik supaya getah bekas potongan tandan menetes ke bawah tanpa mengotori buahnya. Dengan posisi seperti ini, buah pisang terhindar dari luka yang dapat diakibatkan oleh adanya pergesekan buah dengan tanah. Setelah itu, bekas pohon pisang yang berbuah tadi ditebang atau dapat pula diiris setengah dari ketinggian batangnya agar tumbuh tunas kembali.

Belum ada review untuk Tanaman Buah Pisang

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Produk Terkait Tanaman Buah Pisang

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan