Beranda » Jeruk » Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan

Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan

Kode: jeruk purut Stok: Tersedia
Berat 2000 gram
Kondisi Baru
Kategori Jeruk
Dilihat 1.298 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 50.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan
Rp 50.000
Tersedia / jeruk purut
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan

Manfaat Jeruk Purut Sebagai Penyedap Masakan

Jeruk purut, atau biasa juga disebut jeruk limau yaitu tumbuhan perdu yang dimanfaatkan terutama bagian buah ataupun daunnya sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Jeruk ini termasuk ke dalam rempah atau Subgenus Papeda. Jeruk jenis ini pastinya berbeda dengan jenis jeruk lainnya yang ada di pasaran. Sehingga penampilannya pun lebih mudah untuk dikenali.

Ciri dari tanaman jeruk purut ialah pohonnya kecil dengan tinggi antara 2 hingga 12 meter. Batangnya bengkok ataupun bersudut, agak kecil, serta memiliki cabang yang rendah. Tajuknya tak beraturan, cabang cabangnya pun rapat. Rantingnya berduri, kecil, serta memiliki sudut yang tajam. Daunnya berbentuk bulat telur, dengan ujung yang tumpul, serta hanya memiliki satu tangkai. Daun jeruk ini terlihat seperti dua helai yang tersusun secara vertikal karena pelekukan tepinya yang ekstrim, tebal, permukaannya licin, dan agak berlapis malam. Sedangkan daun mudanya berwarna ungu yang kuat. Buah jeruk ini kecil, dengan ukuran tidak lebih dari 2cm, serta memiliki tonjolan tonjolan dan permukaan kulitnya kasar, dan tebal. Untuk membudidayakan jeruk ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bijinya atau bisa juga dengan pencangkokan.

Dalam dunia boga di Asia Tenggara penggunaan jeruk purut sangatlah sering. Rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan untuk menetralkan bau amis daging ataupun ikan. Misalnya seperti siomay. Ikan yang sudah dibersihkan biasanya akan ditetesi dengan jeruk ini guna mengurangi bau amis pada ikan. Sedangkan daun jeruknya biasanya digunakan pada campuran bumbu pecel, gado-gado agar bumbu terasa harum/sedep. Begitu juga halnya dalam pembuatan rempeyek, potongan daun jeruk juga dicampurkan di dalam adonan tepung kemudian digoreng. Di negara Thailand, daun jeruk ini sangatlah populer digunakan dalam beberapa jenis masakan tertentu. Antara lain yaitu Tomyam, dan Tomkhaa. Dua makanan berkuah yang populer di negara Thailand ini sudah pasti menggunakan daun jeruk jenis purut di dalamnya. Selain itu beberapa masakan yang berasal dari Kamboja, Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Jawa, juga Pulau Bali juga mengunakan daun jeruknya sebagai pengharum untuk makanan mereka.

 

Tags: , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 19 October 2018
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja