Beranda » Belimbing » Menanam Buah Belimbing

Menanam Buah Belimbing

Kode: belimbing unggul Stok: Tersedia
Berat 2000 gram
Kondisi Baru
Kategori Belimbing
Dilihat 1.496 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Tabulampot belimbing dewi kebun bibit buah

Menanam Buah Belimbing

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 75.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Menanam Buah Belimbing
Tabulampot belimbing dewi kebun bibit buah Rp 75.000
Tersedia / belimbing unggul
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Menanam Buah Belimbing

Tabulampot belimbing dewi kebun bibit buah

Tabulampot belimbing dewi kebun bibit buah

Belimbing merupakan tanaman buah berupa pohon yg berasal dari kawasan Malaysia, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yg beriklim tropis lainnya di dunia termasuk Indonesia. Pada umumnya belimbing ditanam dlm bentuk kultur pekarangan (home yard gardening), yaitu diusahakan sebagai usaha sambilan sebagai tanaman peneduh di halaman-halaman rumah. Belimbing merupakan buah dari averrhoa carambola, spesiaes asli terdapat di filipina indonesia, malaysia, india, bangladesh, dan sri lanka buah ini sangat populer diseluruh asia tenggara, pasifik selatan dan sebagian asia timur pohin ini juga dibudidayakan diseluruh daerah tropis seperti di amerika latin, karibia dan bagian selatan di amerika serikat, bentuk buah ini menyerupi bintang, buah ini dapat dikonsumsi secara segar maupun setelah diolah menjadi jus dan lain-lain.

Image result for Buah Belimbing site:blogspot.com

Pada pohon buah Belimbing memiliki daun majemuk yang panjangnya bisa mencapai 20 cm bunganya berwarna merah muda dan umumnya muncul di ujung dahan, pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 CM tidak seperti tanaman tropis lainya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya dapat disebarkan oleh lebah.

buah belimbing berwarna kuning. kehijauan, saat baru tumbuh buahnya berwarna hijau jika dipotong buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang berbiji kecil dan berwarna coklat buah ini renyah saat dimakan. rasanya manis sedikit asam buah ini mengandung banyak vitamin C salah satu jenis dari belimbing yang disebut belimbing wuluh, sering digunkan untuk bumbu masakan terumta, untuk memberi rasa asam pada masakan.

SYARAT TUMBUH BELIMBING

Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Belimbing

  • Untuk pertumbuhan dibutuhkan keadaan angin yg tidak terlalu kencang, karena dpt menyebabkan gugurnya bunga atau buah.

  • Curah hujan sedang, di daerah yg curah hujannya tinggi seringkali menyebabkan gugurnya bunga & buah, sehingga produksinya akan rendah.

  • Tempat tanamnya terbuka & mendapat sinar matahari secara memadai dgn intensitas penyinaran 45–50 %, namun juga toleran terhadap naungan (tempat terlindung).

  • Suhu & kelembaban ataupun iklimnya termasuk tipe A (amat basah), B (agak basah), C (basah), dgn 6–12 bulan basah & 0–6 bulan keing, namun paling baik di daerah yg mempunyai 7,5 bulan basah & 4,5 bulan kering.

Media Tanam Belimbing

  • Hampir semua jenis tanah yg digunakan untuk pertanian cocok pula untuk tanaman belimbing. Tanahnya subur, gembur, banyak mengandung bahan organik, aerasi & drainasenya baik.

  • Derajat keasaman tanah untuk tanaman belimbing yaitu memiliki pH 5,5–7,5.

  • Kandungan air dlm tanah atau kedalaman air tanah antara 50–200 cm dibawah permukaan tanah.

  • Ketinggian Tempat Untuk Budidaya Belimbing

    Ketinggian tempat yg cocok untuk tanaman belimbing yaitu di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl.

Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah merupakan langkah awasl sebelum melakukan tahapan-tahapan yang lainnya, hal ini dimaksudkan supaya lahan lebih gembur, membersihkan gulma, dan memper baiki aerasi tanah supaya lebih subur.

Tanah diolah dengan dicangkul atau dibajak oleh alat tradisional maupun memakai mesin traktor. Setelah pembajakan dibuat lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. jarak antara lubang 5 m x 6 m, dan buat selokan dari sisa lahan.

Memisahkan tanah galian lapisan atas dengan lapisan bawah setebal 25-30 cm. tiap lubang diisi pupuk kompos yang sudah matang sebanyak 40 kg. campur pupuk dengan tanah lapisan bawah yang ada di pinggir lubang. Biarkan lubang tanam selama 1-3 minggu.

Penyiapan Bibit

Bibit diusahan berasal dari varietas unggul, bibit yang akan di tanam merupakan hasil dari perbanyakan secara vegetative, misalnya dengan okulasi dan sambung pucuk, mulus, tidak cacat dan tidak bercampur dengan varietas lain, dan tentunya harus bebas dari penyakit.

Varietas unggul memiliki ciri seperi, buahnya bermutu tinggi, manis rasanya, produksinya tinggi, mampu beradaptasi di lokasi baru, tahan stress dan tahan terhadap penyakit.

Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman Belimbing

Tanam Buah Belimbing dilahan terbuka jika telah mencapai ketinggian 50-100 cm. Posisikan bibit dengan tegak tepat di tengah lubang. Kemudian, timbun lubang tanam dengan lapisan tanah atas sambil ditekan ke bawah, dan miring kea rah akarnya sampai kuat. Hal ini dilakukan supaya tanaman tidak goyang jika tertiup angin. Dan siram tanaman tersebut supaya tidak stress. Jika bibit yang ditanam hasil dari sambung pucuk atau okulasi, maka batas sambungan atau mata temple harus terletak 5-10 cm di atas tanah dan jangan sampai tertimbun tanah.
Pemeliharaan tanaman meliputi penyiraman, pemberantasan gulma, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit. Untuk penyiraman dilakukan setiap hari, Caranya penyiraman dapat dilakukan dengan member lubang jarum pada sisi bawah botol bekas air mineral, kemudian diisi ¾ air, sedangkan atasnya biarkan kosong. Kemudian ditancapkan kedalam tanah, namun tidak terlalu dalam. Botol pada saat panas akan memuai karena adanya ruangan kosong, dan air akan keluar dari lubang jarum pada sisi bawah. Kemudian cara lain untuk system penyiraman bisa dilakukan dengan cara tetes, yaitu dengan menggunakan selang yang dilubangi sebesar jarum pada posisi samping, kemudian selang dihubungkan dengan menara air (tendon air atau bak air).
Untuk pemberantasan gulma bisa kita lakukan dengan alat seperti cangkul , garuk kecil dll asalkan tidak merusak tanaman utama. Setelah berumur 3 bulan tanaman harus diberi pupuk N, P dan k. pemupukan dilakukan 3 bulan sekali. Doasis pemberian pupuk untuk tanaman yang sudah berumur satu tahun  diberikan urea 100gram, SP-36 100 gram, KCL 100 gram. Kemudian dosis untuk tanaman yang sudah berumur dua tahun  ialah urea 150 gram, SP-36 100 gram, KCl 150 gram, dosis untuk tanaman yang sudah berumur tiga ttahun, urea 150 gram, SP-36 300 gram, KCl 200 gram, untuk umur empat tahun, urea 200 gram, SP-36 400 gram, KCl 300 gram, dan umur di atas empat tahun bisa di beri dengan dosis, urea 75 gram, SP-36 150 gram. Dan dosis tersebut untuk masing-masing satu pohon.
Berikan pupuk dua kali jika tanaman sudah mulai berbuah. Pupuk diberikan dengan alur melingkari batang, dengan jarak 10-100 cm dari batang. Sedangkan pemberian pupuk kandang diberikan sebelum bibit belimbing ditanam dengan dosis 40 kg/lubang. Dan setelah tanaman berumur 2 tahun baru diberi lagi pupuk kandang dengan dosis 20 kg/pohon.
Setelah anda membaca uraian tentang menaman buah belimbing apakah anda tertarik untuk menanamnya, Dapatkan bibit belimbing yang bekualitas hanya di sini hubungi 081226611112.

Tags: , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 8 August 2018
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat via Whatsapp
Edi
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Edi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja