Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu buka
Beranda » buah buni » Mari Mengenal Buah Buni yang Manis

Mari Mengenal Buah Buni yang Manis

Ditambahkan pada: 15 June 2018 / Kategori:
Kode : buah buni
Berat : 2 kg
Stok : Ready Stock
Dilihat : 4143 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Mari Mengenal Buah Buni yang Manis kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Mari Mengenal Buah Buni yang Manis

buah buni kebun bibit buah

buah buni kebun bibit buah

Mungkin tidak banyak yang mengenal atau bahkan pernah mendengar buah buni. Buah buni merupakan buah yang memiliki warna cenderung merah agak keungu-unguan. Untuk tampilan dari buah buni ini hampir mirip dengan anggur yaitu satu tangkai memanjang.

Deskripsi Buah Buni

Buah yang memiliki nama latin Antidesma bunius L ini merupakan buah yang bisa dikonsumsi dalam bentuk selai, buah santapan di meja makan atau bahkan difermentasikan sebagai minuman beralkohol seperti di Filiphina. Untuk di Indonesia sendiri, buah ini memiliki beberapa nama sebutan. Contohnya di Sunda buah buni disebut huni, di daerah Jawa buah ini disebut wuni, dan di Negara Filiphina buah ini dikenal dengan nama bignai.

Buah buni yang manis ini memiliki tinggi pohon sekitar 15-30m. Pohon buah buni sudah menyebar luas di beberapa  Negara di Asia Tenggara dan Australia. Pohon dari buah buni bisa tumbuh di dataran rendah sampai dengan dataran setinggi 1.400 mdpl. Daun dari buah buni sendiri bisa dimanfaatkan sebagai olahan sayur atau sebagai lalapan. Tidak hanya iru saja, daun buah yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu.

rujak buah buni kebun bibit buah

rujak buah buni kebun bibit buah

Manfaat Buah Buni

Ketika buah buni ini telah berwarna keungu-unguan, maka telah menghasilkan kadar antosianin yang tinggi. Antosianin sendiri merupakan sebuah senyawa yang memiliki manfaat sebagai penjaga kesehatan dari pembuluh darah. Kandungan–kandungan gizi di buah buni memang sangat banyak. Mulai dari vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Provitamin A, Mineral besi, dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Buni

Buah buni yang manis ini memiliki cara penanaman yang beragam. Anda bisa mencoba menanam buah ini dengan cara stek, penempelan, penyabungan ataupun dengan cangkok. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda kerjakan ialah dengan mencangkok cabang bibit yang memiliki diameter sekitar 2–5 cm. Pastikan jika Anda mencangkok bibit yang memiliki akar berusia lebih dari 95 hari.
  2. Langkah kedua yaitu pilihlah tunas yang sedikit lebih tua yang kira-kira memiliki panjang sekitar 3-4 cm. Carilah bibit yang sudah memiliki tangkai daun dan berlentisel, bibit ini yang nantinya akan diguakan sebagai media penempelan.
  3. Langkah ketiga ialah pada saat penanaman lapangan, usakan untuk mengatur jarak tanaman sekitar 6-8 meter.

Melihat penanamannya yang sangat mudah tersebut, tidak sedikit masyarakat kita yang berminat untuk membudidayakan tanaman buah buni yang manis satu ini. Anda berminat? Segera hubungi kami untuk memperoleh bibit buni berkualitas.

Belum ada review untuk Mari Mengenal Buah Buni yang Manis

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

12345

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Produk Terkait Mari Mengenal Buah Buni yang Manis

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan